Friday, November 30, 2018

Aplikasi Yang Digunakan Untuk Membuat Video Game Serta Bahasa Pemrograman Yang Dipakai



Aplikasi Yang Digunakan Untuk Membuat Video Game

1.       Cry Engine

Cry Engine adalah Game engine yang diciptakan oleh Perusahaan Crytek Dari jerman. Cry engine pertama kali Di terbit kan pada 2004. Dan versi sekarang di kenal dengan Cry engine 3 yang mendukung lebih banyak console dan juga direct 9 dan 11. Game2 keluaran cry engine sangat memukau indah nya. hampir sangat nyata. karna cry engine lebih dominan kepada Environtment. Keunggulan cry engine mempunyai pencahayaan yang Cukup. Dunia yang luas . dan tentu saja tidak memperlukan spek Highend untuk memainkan game dari Cry engine.

Apakah kalian pernah kepikiran untuk membuat game seperti itu ? Nahh, bersyukurlah karena Crytek telah mendistribusikan Cryengine secara cuma - cuma. Ya, dengan Cryengine kalian bisa membuat game - game FPS layaknya Crysis ataupun Farcry. Namun untuk itu, tentunya kalian juga harus menguasai 3D modeling dan Programming.

2.       Rage Engine

Rage Engine adalah game engine buatan Rockstar San dieoga dari Grup Rockstar Pada 2004 . Engine ini telah di gunakan pada platform ps3 . ps4 . pc . xbox . dan juga xbox one
Rockstar telah bergabung dengan komponen pihak ke 3 seperti Euphoria. karakter engine . dan source bullet. Rocksatr juga mendukung directx 11 dan Stereoscopic 3d . Kelebihan dari rage engine yaitu bisa menjelajahi seluruh dunia tanpa loading . Ai yang sangat sederhana . Cuaca yang realistis dan jarak pandang yang sangat luas
Game yang berasal dari Rage engine tak lain Bully .GTA .dan Max Payne DLL.

Walau Seri GTA Menggunakan engine ini. Tetapi pada seri sebelumnya para developer tidak menggunakan engine dari Rockstar sendiri, tetapi menggunakan Renderware Engine milik Criterion. Namun semenjak dunia gaming memasuki era next-gen, developer Rockstar San Diego akhirnya menciptakan RAGE (Rockstar Advanced Game Engine) Engine, dan menggunakan game engine ini dalam produk-produk game next-gen mereka hingga saat ini.

Karena RAGE Engine mempunyai banyak kelebihan, salah satunya adalah kemampuan menciptakan dunia open world yang kompleks, penuh detail, dan terintegrasi penuh dengan dukungan seperti A.I script, weather effects, dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada GTA IV. Engine ini juga mendukung kemampuan middleware seperti fitur “dynamic-motion” dan “bullet physics”.

3.       Unreal Engine

Andalanya adalah grafis yang edan cukup untuk game-game PS4 & X-BOX ONE
. Hampir semua game yang memakai Engine ini keren dan hampir semua gamenya bertema yang gelap (kelam),karena grapis di Engine ini mengandalkan shadow atau bayangan.
Contoh game yang menggunakan engine ini adalah : Bioshock,Batman Arkham City,Fallout 4,Diablo,Ragnarok Online II,Mass Effect D.L.L.

Unreal engine adalah game engine yang di kembangkan oleh Epic games yang ditampilkan pertama kali pada 1998 di FPS Unreal game. pertama kali game engine ini hanya menggunakan 1 genre yaitu fps. tapi sekarang sudah memakai lebih banya genre yaitu 3ps . Dan rpg . unreal engine memiliki ke unggulan antara lain. fps rate yang tinggi . Hardware akselerasi . dan dukungan banyak rendering.

untuk Unreal Engine 4 menghadirkan peningkatan dari segi kualitas pencahayaan dan peningkatan dari segi kualitas grafis dan tingkat framerates untuk beberapa game virtual reality. Selain itu, pada Unreal Engine 4 2017 ini juga mendukung beberapa fitur kartu grafis terbaru yang sangat membantu para developer pemula.

Unreal Engine 4 memang bisa didapatkan secara gratis, akan tetapi setiap project yang diterbitkan oleh pengembang manapun, pihak Epic Games berhak mendapatkan royality sebesar 5 persen apabila game tersebut berhasil mendapatkan keuntungan sebesar di atas USD 3.000.

4.       IW Engine

IW Engine adalah singkatan dari Infinity Wizard Engine yang menggunakan Core dari ID tech 3. IW engine pertama kali diperkenalkan dengan Peluncuran call of duty 2 pada 2005
Iw Engine ini memiliki banyak keunggulan yaitu mampu membuat grafis yang waw. efek peluru yang jelas . environtment nya jelas. animasi yang fenomenal dan pencahayaan yang khusus.
Game buatan Engine ini Adalah >> Call of duty 2 . call of duty 3 . dan COD Modern warfare . dan juga COD lainnya

sejak seri Call of Duty 2, Infinity Ward memang menciptakan game engine sendiri yang akhirnya di pakai untuk produk Call of Duty mereka sampai sekarang ini.

Salah satu kelebihan dari Engine ini selain pencahayaan, AI (musuh, komputer) yang cerdas dan cukup rinci, animasi , Depth of Field. 

5.       FrostBite Engine

Game engine ini telah melahirkan game yang tak terlupakan yaitu Battlefield 4 rival nya Call OF Duty .
FrostBite Engine adalah Game engine yang di developer oleh EA DIgital Illusion CE . Game Engine ini pertama kali digunakan untuk membuat game FPS . tapi setelah di kembangkan juga dapat membuat game EA lainnya seperti Racing dan RTS. Keunggulan nya adalah rival dari IW engine seperti dapat membuat grafik yang memukau dan objek yang nampak nyata.

Salah satu mantan pimpinan DICE yang kini aktif di EA – Patrick Soderlund berbagi rahasia tentang di balik kehebatan engine Frosbite 2.0 ini. Soderlund mengakui bahwa Frostbite 2.0 memang dibangun sejak awal sebagai sebuah engine masa depan yang akan memperkuat EA untuk mesin-mesin gaming generasi selanjutnya. Engine yang Anda lihat di Battlefield 3 dan NFS: The Run hanyalah awal dari apa yang sebenarnya mampu dilakukan oleh Frosbite 2.0. Tidak hanya itu engine ini terus dikembangkan hingga saat ini.

Bahasa Pemrograman Yang Biasanya Digunakan Untuk Membuat Game
Java
Java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membangun aplikasi server-side untuk video game dan aplikasi mobile. Java sendiri bukan hanya membangun sebuah software berbasis desktop, namun juga berbasis web, mobile dan merupakan dasar utama dari pengembangan aplikasi Android.
Bahasa C
Dalam mempelajari semua bahasa pemrograman, Bahasa C merupakan bahasa yang paling dasar dan wajib dipelajari pertama kali oleh para programmer. Karena pada dasarnya bahasa C merupakan dasar dari bahasa pemrograman lainnya. Bahasa pemrograman ini baik ketika digunakan untuk membuat proyek kecil dan aplikasi tingkat rendah. Bahasa ini banyak digunakan sebagai embedded system seperti di televisi, sistem operasi dari sebuah pesawat, dan sistem operasi komputer.
C++
C++ merupakan bahasa tingkat menengah yang memiliki fitur pemrograman berorientasi objek. Awal diciptakannya C++ adalah untuk meningkatkan bahasa sebelumnya yaitu C. C++ merupakan kekuatan terbesar dari sebuah software terbesar, seperti Firefox, Winamp, dan program Adobe. Bahasa pemrograman yang satu ini digunakan untuk mengembangkan sistem perangkat lunak baik berupa aplikasi, server dengan kinerja yang tinggi, aplikasi client dan video game.
C#
C# (atau dibaca C Sharp) adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak seperti aplikasi Microsof. Penulisan kode bahasa pemrograman ini mirip dengan Java. Dapat digunakan pada pembuatan desktop games menggunakan XNA, DirectX, atau Unity3D. Dapat juga digunakan untuk membuat web games menggunakan Silverlight atau Unity3D. Contoh web game yang dibuat menggunakan C# dan Unity3D adalah LiloCity dari Agate Studio.
Python
Python adalah sebuah bahasa pemrograman penerjemah multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Bahasa Phyton merupakan bahasa tingkat tinggi. Phyton menjadi salah satu bahasa pemrograman yang membangun sebuah website dan aplikasi mobile. Bahasa phyton menjadi bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Phyton menjadi sebuah kekuatan dari aplikasi terkenal, seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Phyton juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo! Dan juga NASA.
Ruby
Dalam pengembangan sebuah website dan juga aplikasi mobile, para progammer juga menggunakan bahasa Ruby. Ruby dirancang untuk menjadi bahasa pemrograman yang sederhana dan mudah untuk ditulis. Ini merupakan kekuatan yang dimiliki oleh Ruby. Ruby menjadi pembangun dari Scripd, GitHub, Groupon dan Shopify. Seperti halnya Phyton, Ruby dianggap sebagai bahasa yang cukup user-friendly untuk para pemula. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.
JavaScript
JavaScript merupakan bahasa pemrograman berbasis java yang merupakan interface pembantu dalam pemrograman web. Setiap web yang disisipkan kode JavaScript akan Nampak lebih dinamis dan tidak monoton. Javascript juga digunakan dalam pengembangan sebuah video game dan juga dalam aplikasi desktop. JavaScript sangat populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar web browser populer seperti Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera.
PHP
PHP adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam pembuatan website berupa aplikasi dengan data berat dan dinamis. Saat ini banyak situs-situs populer yang menggunakan bahasa pemrograman ini seperti WordPress dan Facebook.
Objective-C
Obcjective-C adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh Apple untuk pengembangan aplikasi iOS dan system operasi OS X. Bahasa pemrograman ini dikembangkan pada awal tahun 1980-an, dan dipilih oleh NeXT (perusahaan yang didirikan Steve Job selepas dipecat dari Apple) untuk membangun sistem operasi NeXTSTE (cikal bakal dari OS X dan iOS). bahasa ini spesifik digunakan untuk membuat game di komputer buatan Apple yang menggunakan Mac OS.
SQL
SQL (Structured Query Language) merupakan bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini merupakan standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahas ini untuk melakukan manajemen datanya.
Actionscript 3
Umum digunakan dalam pembuatan web games dalam format Flash Games, contohnya game flash di Facebook seperti Shopping Paradisebuatan Agate Studio atau game flash di game portal, seperti Earl Grey and that Rupert Guy yang juga buatan Agate Studio.


No comments:

Post a Comment

Struktur Organisasi Perusahaan PT. Telkom

Lampiran 2. Penjabaran Tugas dan Wewenang di PT. Telkom     1.    Direktur Utama (CEO)   Tugas:   a. Mengkoordinir Direksi, b. Men...