Tuesday, January 15, 2019

Dampak Positif dan Negatif Dari Kesenjangan Sosial dan Digital



Pengertian Kesenjangan Sosial

Menurut Rober Chambers, Pengertian kesenjangan sosial ekonomi merupakan gejala yang timbul di dalam masyarakat karena adanya perbedaan batas kemampuan finansial dan yang lainnya di antara masyarakat yang hidup di sebuah wilayah tertentu.

Menurut KBBI pengertian kesenjangan sosial adalah ketidakseimbangan, perbedaan, jurang pemisah, yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurut Wikipedia kesenjangan sosial ekonomi berhubungan dengan kesenjangan pendapatan, kekayaan, dan jurang pemisah antara kaya dan miskin, mengacu pada persebaran ukuran ekonomi di antara individu dalam kelompok, kelompok dalam populasi, atau antarnegara.

Dampak Positif dan Negatif dari Kesenjangan Sosial

Dampak Positif

     ·         Menghilangkan kondisi pemicu stress
     ·         Merileksasikan baik jiwa dan raga
     ·         Mempercepat proses aktivitas manusia

Dampak Negatif
     ·         Menumbuhkan sifat malas
     ·         Ketidakpuasan terhadap sesuatu
     ·         Mudah putus asa yang menghambat mobilitas kerja

Setelah mengetahui apa itu kesenjangan sosial, ada juga kesenjangan digital.Kesenjangan digital adalah kesenjangan ekonomi dan sosial terkait akses, penggunaan, atau dampak teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Dampak positif kesenjangan digital bagi sebagian orang yang belum mengenal atau menerapkan teknologi adalah masyarakat dapat termotifasi untuk ambil bagian dalam peningkatan teknologi informasi.


Dampak Negatif kesenjangan digital adalah Kemajuan Teknologi Informasi itu terlahir dari sebuah kemajuan zaman, bahkan mungkin ada yang menolak anggapan, semakin tinggi tingkat kemajuan yang ada, semakin tinggi pula tingkat kriminalitas yang terjadi.

No comments:

Post a Comment

Struktur Organisasi Perusahaan PT. Telkom

Lampiran 2. Penjabaran Tugas dan Wewenang di PT. Telkom     1.    Direktur Utama (CEO)   Tugas:   a. Mengkoordinir Direksi, b. Men...