Saturday, March 30, 2019

Dampak Internet Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia



Dalam suatu perekonomian sebuah negara, teknologi informasi sudah dianggap memiliki peranan yang penting dikarenakan dengan adanya  perkembangan teknologi informasi, perekonomian negara mulai menunjukkan perubahan yang maju.
Sebuah perekonomian suatu negara bisa kita lihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di negara tersebut. Semakin berkembangnya teknologi informasi maka akan semakin tinggi juga pertumbuhan ekonomi suatu negara. 
Dalam akhir-akhir ini, teknologi yang pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Berikut ini merupakan dampak positif dan negatif dari Teknologi di bidang Ekonomi


o   Dampak Positif

·         Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
Dengan kemajuan teknologi saat ini maka akan mempermudah manusia/perusahaan untuk meningkatkan kemampuan produktivitas di dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.

·         Pengeluaran lebih sedikit, karena pegawai tidak banyak.
Dikarenakan kemajuan teknologi maka saat ini banyak perusahaan yang sudah mengganti tenaga kerjanya dengan robot yang lebih efisien dan mengurangi pengeluaran perusahaan karena tidak perlu menggajinya setiap bulan.

·         Pemanfaatan teknologi untuk membuat layanan baru dalam perekonomian dan bisnis .
Kemajuan teknologi telah mempermudah semua orang dalam berbagai hal termasuk dalam pelayanan, misalnya adalah dalam bidang perbankan , kini nasabah bank sudah tidak harus pergi kebank untuk mentransfer uang atau lain-lainya , karena kebanyakan bank saat ini sudah memiliki internet banking yang memudahkan nasabah untuk bertransaksi tanpa harus pergi ke bank tersebut.

·         Perusahaan dapat menjangkau pasar lebih luas.
Ini dikarenakan pembeli yang mengakses internet tidak dibatasi tempat dan waktu,kita hanya tinggal memasang iklan di internet maka semua orang di seluruh dunia pun bisa melihat iklan tersebut.


 o   Dampak Negatif

·       Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan ,Karena sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi maka banyak perusahaan mencari orang yang melek teknologi agar dapat terus bersaing dengan perusahaan lainnya dank arena itu juga bagi orang-orang yang “Gaptek” kemungkinan akan susah untuk mendapatkan pekerjaan.

·        Resistensi Membeli Secara Online.
Bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online, akan merasa janggal ketika harus bertransaksi tanpa bertatap muka atau melihat penjualnya. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tak terkirim atau tak diterima. Atau barang tak dikirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tak diterima.



Sumber:


No comments:

Post a Comment

Struktur Organisasi Perusahaan PT. Telkom

Lampiran 2. Penjabaran Tugas dan Wewenang di PT. Telkom     1.    Direktur Utama (CEO)   Tugas:   a. Mengkoordinir Direksi, b. Men...